Istilah-istilah Umum dalam Analisis Instrumentasi Farmasi

Istilah-istilah Umum dalam Analisis Instrumentasi Farmasi

berikut adalah istilah-istilah yang sering kita jumpa ketika belajar alat-alat instrumen:
  1. Spektroskopi
    • spektroskopi adalah ilmu yang mempelajari materi dan atributnya berdasarkan cahaya, suara atau partikel yang dipancarkan, diserap atau dipantulkan oleh materi tersebut. Spektroskopi juga dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi antara cahaya dan materi biasanya digunakan untuk mengidentifikasi suatu substansi melalui spektrum yang dipancarkan atau yang diserap. Alat untuk merekam spektrum disebut spektrometersalah satu jenis spektroskopi adalah spektroskopi infra merah (IR). spektroskopi ini didasarkan pada vibrasi suatu molekul.
  2. Spektrometri
    • Spektrometri adalah metode yang digunakan untuk mengukur jumlah kadar zat (konsentrasi suatu zat) yang berdasarkan spektroskopi.
  3. Spektrofotometri
    • spektrofotometri adalah suatu metode analisis yang didasarkan pada pengukuran serapan sinar monokromatik oleh suatu lajur larutan berwarna pada panjang gelombang yang spesifik, dengan bantuan monokromator prisma atau kisi difraksi (yang akan meneruskan cahaya menjadi monokromatis) dan melewatkan cahaya yang tidak diabsorbsi/ diemisi/ dipantulkan oleh sampel menuju detector phototube.
salam farmasi
farmasi indonesia, JAYA!!!

Comments